BUAH UNTUK KESEHATAN

 

manfaat buah untuk kesehatan


A. Pengertian Buah

Secara singkat pengertian buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium) yang berfungsi membungkus dan melindungi biji.

Proses terbentuknya buah diawali dari serbuk sari yang melekat di kepala putik, lalu serbuk sari berkecambah dan isinya tumbuh menjadi buluh serbuk sari yang berisi sperma.

Buluh tersebut terus tumbuh menembus tangkai putik menuju bakal biji, di mana terjadi persatuan antara sperma yang berasal dari serbuk sari dengan sel telur yang berdiam dalam bakal biji, membentuk zigot yang bersifat diploid.

Pembuahan pada tumbuhan berbunga ini melibatkan baik plasmogami, yakni persatuan protoplasma sel telur dan sperma, dan kariogami, yakni persatuan inti sel keduanya.

Setelah itu, zigot yang terbentuk mulai bertumbuh menjadi embrio (lembaga), bakal biji tumbuh menjadi biji, dan dinding bakal buah, yang disebut perikarp, tumbuh menjadi berdaging (pada buah batu atau drupa) atau membentuk lapisan pelindung yang kering dan keras (pada buah geluk atau nux).

Sementara itu, kelopak bunga (sepal), mahkota (petal), benangsari (stamen) dan putik (pistil) akan gugur atau bisa jadi bertahan sebagian hingga buah menjadi. Pembentukan buah ini terus berlangsung hingga biji menjadi masak.

Pada sebagian buah berbiji banyak, pertumbuhan daging buahnya umumnya sebanding dengan jumlah bakal biji yang terbuahi. Dinding buah, yang berasal dari perkembangan dinding bakal buah pada bunga, dikenal sebagai perikarp (pericarpium).

Perikarp ini sering berkembang lebih jauh, sehingga dapat dibedakan atas dua lapisan atau lebih. Yang di bagian luar disebut dinding luar, eksokarp (exocarpium), atau epikarp (epicarpium); yang di dalam disebut dinding dalam atau endokarp (endocarpium); serta lapisan tengah (bisa beberapa lapis) yang disebut dinding tengah atau mesokarp (mesocarpium).

Buah dijadikan bahan pangan karena buah mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid. Ilmu yang mempelajari tentang buah dinamakan pomologi.

B. Jenis Buah

Buah dibedakan atas tiga tipe dasar buah, yaitu:

1.   Buah Tunggal, yakni buah yang terbentuk dari satu bunga dengan satu bakal buah, yang berisi satu biji atau lebih.

2.   Buah Ganda, yakni jika buah terbentuk dari satu bunga yang memiliki banyak bakal buah. Masing-masing bakal buah tumbuh menjadi buah tersendiri, lepas-lepas, namun akhirnya menjadi kumpulan buah yang nampak seperti satu buah. Contohnya adalah sirsak (Annona).

3.   Buah majemuk, yakni jika buah terbentuk dari bunga majemuk. Dengan demikian buah ini berasal dari banyak bunga (dan banyak bakal buah), yang pada akhirnya seakan-akan menjadi satu buah saja. Contohnya adalah nanas (Ananas), bunga matahari (Helianthus).

C. Manfaat Buah Untuk Kesehatan

Berikut ini buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan, diantaranya :

1.   Stroberi

Buah Stroberi, buah mungil berwarna merah dan berbintik hitam ini sangat baik bagi kesehatan. Rasanya yang manis dan sedikit masam membuatnya banyak digemari.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah stroberi lebih banyak dibandingkan 1 buah jeruk orange, karena stroberi memberikan 94 miligram vitamin C atau 1,5 kebutuhan vitamin C harian.

manfaat buah stroberi untuk kesehatan
Banyak manfaat dari mengkomsumsi vitamin C, antara lain menjaga kesehatan gigi dan gusi anak-anak tetap sehat, membantu penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi serta menjadi antioksidan yang membantu mengurangi resiko beberapa jenis kanker.

2.   Apel

Buah yang bernama latin Malus domestica atau orang indonesia menyebutnya buah apel ini ternyata memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Buah apel ini pertama kali ditanam sekitar daerah asia tengah yang sekarang telah menyebar luas di berbagai daerah termasuk indonesia.

manfaat buah apel untuk kesehatan
Buah Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).

Pada umumnya buah apel dikonsumi secara langsung, buah ini mengandung banyak air di dalamnya. Makanya buah apel ini sangat segar bila di makan sehabis di petik dari pohonnya.

Buah Apel mengandung vitamin C yang tidak seberapa, tetapi kaya dengan senyawa antioksidan lainnya. Biarpun tidak sebanyak buah lain, namun kandungan serabut dalam buah apel membantu mengontrol pergerakan usus, maka mengurangi risiko kanker usus besar.

Serat buah apel juga membendung penyakit jantung, serta mengontrol berat badan dan tingkat kolesterol, karena buah apel tidak mengandung kolesterol dan mempunyai serat yang mengurangi kolesterol dengan mencegah reabsorpsi.

3.   Anggur

Buah anggur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan dan serat yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber energi yang menyegarkan dan berkhasiat mencegah penuaan dini.

Selain itu, buah ini mengandung vitamin C, A, B (thiamin), E, dan K (kalium). Vitamin C, selain dapat menyehatkan gusi dan mulut (antisariawan), juga mengandung aktioksidan yang dapat menjaga imunitas tubuh.

manfaat buah anggur untuk kesehatan
Selain dagingnya, biji buah anggur sebenarnya tidak kalah berkhasiat karena mengandung pycnogenol, penguat kolagen untuk kelenturan pembuluh darah.

Sedangkan kulitnya kaya akan zat flavonoid yang berfungsi antioksidan. Manfaat lain dari mengkonsumsi buah anggur adalah untuk mencegah kanker colon atau kanker usus besar karena kandungan antioksidannya dan seratnya yang tinggi.

4.   Pepaya

Buah Pepaya dengan Bentuk buah bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing. Warna buah ketika muda hijau gelap, dan setelah masak hijau muda hingga kuning.

Bentuk buah membulat bila berasal dari tanaman betina dan memanjang (oval) bila dihasilkan tanaman banci. Tanaman banci lebih disukai dalam budidaya karena dapat menghasilkan buah lebih banyak dan buahnya lebih besar.

manfaat buah pepaya untuk kesehatan
Buah pepaya ternyata memiliki banyak kandungan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, namun hampir dari seluruh bagian dari pohon pepaya dapat dimanfaaatkan.

Mulai dari akar, batang, daun, buah, kulit pohon, bahkan getahnya mempunyai khasiat yang berguna bagi tubuh. Buah pepaya juga kaya akan kandungan penting seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, dan serat.

5.   Ceri                                        

Ternyata Meskipun kecil buah ini mampu meredam nyeri radang persendian. Para peneliti dari Oregon Health and Science University menemukan bahwa, buah ceri mengandung zat anti-inflamasi. Zat ini dapat mengurangi nyeri pada orang yang menderita radang sendi pada tulang.

manfaat buah ceri untuk kesehatan
Buah ceri mengandung anthocyanin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan. Buah ceri mengandung substansi yang dapat membersihkan sisa metabolisme yang mengganggu tubuh.

Untuk membuang lemak, kandungan gula alami yang terkonsentrasi memberikan energi untuk melepaskan debris (sisa metabolisme) yang tidak diharapkan dari sel tubuh.

6.   Melon

Buah Melon merupakan buah yang sangat segar saat kita makan apalagi di saat cuaca yang panas. Buah melon mengandung banyak air di dalamnya (sekitar 95% dari daging buah).

manfaat buah mwlon untuk kesehatan
Selain buahnya yang enak di makan, ternyata buah ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita. Melon merupakan buah sejenis dari semangka, makanya di dalam buah ini mengandung lebih banyak air nya.

Buah melon sangat mudah di temukan di pasaran, sebab petani indonesia juga memanfaatkan kondisi alam yang tropis sebagai bahan untuk menanam buah melon. Melon pada umumnya tumbuh di daerah yang ber iklim tropis. Jadi tidak heran jika di indonesia serndiri melon tumbuh sangat subur.

7.   Jambu Biji

Buah Jambu biji ada beberapa jenis antara lain buah jambu biji yang daging buahnya berwarna merah dan buah jambu biji  yang daging buahnya berwarna putih.

Di Indonesia Buah Jambu biji dapat tumbuh dengan subur dan berbuah lebat. Buah jambu biji mengandung vitamin C yang sangat  tinggi dan cukup mengandung vitamin A.

manfaat jambu biji untuk kesehatan
Dibanding buah-buahan lainnya seperti jeruk manis yang mempunyai kandungan vitamin C 49 mg/100 gram bahan, kandungan vitamin C buah jambu biji 2 kali lipat.

Vitamin C ini sangat baik sebagai zat antioksidan. Sebagian besar vitamin C buah jambu biji terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal.

8.   Buah Kiwi

Sepintas buah kiwi (Actinidia deliciosa) mirip buah sawo. Warna kulitnya kecoklatan dengan bulu-bulu halus di seluruh permukaan. Daging buahnya hijau dengan biji-biji halus di bagian tengahnya.

Rasanya manis, asam segar, sangat cocok dihidangkan sebagai buah meja atau dibuat jus.Kiwi terkenal sebagai buah penghasil vitamin C terbesar diantara buah-buahan yang lain.

manfaat buah kiwi untuk kesehatan
Bentuk buahnya yang unik, berbulu dengan tekstur buah yang khas, membuat kiwi digunakan sebagai granis atau hiasan makanan.Kiwi yang kualitasnya baik biasanya dipetik saat matang, tapi teksturnya padat.

Saat ditekan dengan jari tangan, buah kiwi terasa padat tapi tidak keras. Buah yang terlalu lembek biasanya sudah busuk. Ukuran besar bukan patokan kualitas kiwi yang baik.

Rasa kiwi akan lebih manis jika dibiarkan matang pada suhu ruang.kiwi biasanya diolah menjadi puding atau minuman yang menyegarkan. Dalam penyajian makanan secara internasional, kiwi lebih sering digunakan sebagai granis yang juga berfungsi sebagai isian makanan yang disajikan, seperti salad buah.

Lebih baik mengonsumsi kiwi saat masih segar karena kandungann gizinya belum hilang. Kiwi segar dapat dimakan langsung dengan cara dipotong atau disendok langsung.

Atau bisa juga dicampur dalam sereal, yogurt, es krim, atau sorbet buah. Pada hidangan lain seperti cake, pie dan krim bavaria kiwi menambah selera makan karena warnanya yang segar.

9.   Buah Naga

Buah naga adalah buah yang mengandung vitamin dan zat-zat lainnya tentu manfaatnya tidak perlu di ragukan lagi. Buah Naga atau Dragon Fruit ini adalah jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus.

Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan termasuk di indonesia.

manfaat buah naga untuk kesehatan
Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah mungkin karena manfaat buah naga yang sangat besar.

Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah jadi mencolok sekali di antara warna naga-naga yang hijau.

Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Thang loy orang Vietnam ini kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

10.       Durian

Salah satu buah yang sangat digemari oleh banyak orang adalah durian. Selain karena rasanya yang sangat lezat dan aromanya yang harum, ternyata buah durian merupakan salah satu makanan sehat karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatantubuh.

Kata orang, durian berbahaya karena dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Namun, beruntunglah mereka yang menggemari dan tidak berpantang makan King of Fruits itu.

manfaat buah durian untuk kesehatan
Sebab durian sangatlah bergizi. Buah itu mengandung vitamin B, C, E dan zat besi.Tidak hanya pada daging buahnya saja, tetapi juga pada kulit dan daunnya.

Namun tidak banyak orang mengetahuinya, bahkan kadangkala mereka menganggap durian adalah buah yang dapat menyebabkan penyakit. Pendapat mereka itu tidak sepenuhnya salah, karena makan buah durian dapat meningkatkan tekanan darah.

Selain itu kadar kolesterol dalam durian juga cukup tinggi.Tetapi durian merupakan makanan sehat yang baik untuk tubuh jika dimakan tanpa berlebihan.

Di dalam daging buah durian mengandung banyak sekali zat gizi, di antaranya adalah karbohidrat, lemak, protein, serat,kalsium (Ca),fosfor (P),asam folat,magnesium(Mg), potasium/kalium (K), zat besi (Fe), zinc, mangaan (Mn), tembaga (Cu), karoten, vitamin C, thiamin, niacin, dan riboflavin.

Durian juga mengandung gula yang cukup banyak serta sifatnya panas sehingga penderita diabetes dan ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi durian.

11.       Belimbing

Buah Belimbing yang dalam bahasa Inggris disebut StarFruit (karena kalau dipotong vertikal akan membentuk gambaran bintang) adalah buah yang dihasilkan dari pohon dengan nama sama, yaitu pohon Belimbing.

Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.

 

manfaat buah belimbing untuk kesehatan

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki

https://p2ptm.kemkes.go.id/

https://pixabay.com/id/

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar