UKS
dirintis sejak tahun 1956 melalui kerjasama antara Departemen Kesehatan,
Departemen Pendidikan, Departemen Dalam Negeri dalam bentuk proyek UKS
perkotaan.
Untuk
lebih memantapkan pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah secara terpadu, maka pada
tahun 1984 diterbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB 4 Menteri)antara Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam
Negeri.
A.
Pengertian
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
Berdasarkan
aspek definisi, Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah antara sebagai berikut :
1. Menurut
Departemen Pendidikan & Kebudayaan : UKS adalah upaya membina dan
mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui
program pendidikan dan yankes di sekolah, perguruan agama serta usaha-usaha
yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah
2. Menurut
Depkes RI : UKS adalah usaha kesehatan masyarakat yang dijalankan di sekolah-sekolah
dengan anak didik beserta lingkungan hidupnya sebagai sasaran utama.
UKS
merupakan wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya
membentuk perilaku hidup sehat, yang pada gilirannya menghasilkan derajat
kesehatan yang optimal
3. Menurut
Azrul Azwar : UKS adalah bagian dari usaha kesehatan pokok yang menjadi beban
tugas puskesmas yang ditujukan kepada sekolah-sekolah dengan anak beserta
lingkungan hidupnya, dalam rangka mencapai keadaan kesehatan anak
sebaik-baiknya dan sekaligus meningkatkan prestasi belajar anak sekolah
setinggi-tingginya
4. Usaha
kesehatan sekolah atau UKS merupakan usaha yang dilakukan sekolah untuk
menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah.
UKS biasanya dilakukan di ruang kesehatan suatu sekolah.
B. Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
1.
Tujuan
Umum
Tujuan
diselenggarakannya program UKS, secara umum untuk meningkatkan kemampuan hidup
sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan sehat
sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan
optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.
2.
Tujuan
Khusus
Sedangkan
tujuan khusus untuk memupuk kebiasaan hidup sehat dan meningkatkan derajat
kesehatan peserta didik yang mencakup :
a. Penurunan
angka kesakitan anak sekolah.
b. Peningkatan
kesehatan peserta didik (fisik, mental, sosial)
c. Agar
peserta didik memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan
prinsip-prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan
kesehatan di sekolah.
d. Meningkatkan
cakupan pelayanan kesehatan terhadap anak sekolah.
e. Meningkatkan
daya tangkal dan daya hayat terhadap pengaruh buruk narkotika, rokok, alkohol
dan obat-obatan berbahaya lainnya.
C.
Ruang
Lingkup Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
Ruang
lingkup/kegiatan mencakup TRIAS UKS yang meliputi :
Pendidikan
kesehatan, Pelayanan kesehatan, dan Pembinaan lingkungan sekolah sehat
1.
Pendidikan
Kesehatan
Pendidikan
kesehatan dilaksanakan melalui:
a. Kegiatan
kurikuler
Pelaksanaan
pendidikan jam pelajaran yang sesuai kurikulum yang berlaku untuk tingkat
sekolah dasar ( Pengetahuan Alam, Agama, Pendidikan jasmani ) dan dapat juga
dilaksanakan melalui muatan lokal.
b. Kegiatan
ekstrakulikuler
Kegiatan
diluar jam pelajaran biasa ( termasuk pada waktu libur ) Yang dilakukan
disekolah ataupun diluar sekolah.
Kegiatan
tersebut berupa:
1) Kegiatan
yang melibatkan warga sekolah dan juga melibatkan petugas Puskesmas
Misalnya:
·
Permaianan, Diskusi, Simulasi.
·
Aktifitas Kader Kesehatan Sekolah /
DOKTER KECIL, Pramuka dll
·
Majalah dinding
·
Kerja bakti sosial
·
Lomba yang ada hubungannya dengan
kesehatan.
2) Bimbingan
dan penyuluhan kesehatan.
3) Perilaku
gaya hidup sehat.
2.
Pelayanan
Kesehatan
Pelayanan
kesehatan sekolah dilaksanakan secara komprehensif ( menyeluruh ) antara lain :
a. Kegiatan
Promotif ( peningkatan kesehatan )
1) Penyuluhan
dan pembinaan sarana keteladanan disekolah :
a) Sarana
keteladanan gizi berupa Kantin ( warung ) sekolah yang memenuhi persyaratan
sanitasi, higienis dan bergizi
b) Sarana
keteladanan kebersihan lingkungan berupa Pengelolaan sampah, saluran air
limbah, kebersihan jamban, kamar mandi dan tidak adanya tempat pembiakan
binatang penyebar penyakit.
2) Penyuluhan
dan pembinaan kebersihan perorangan peserta didik
3) Meningkatkan
kemampuan untuk berperan serta aktif dalam pelayanan kesehatan, melalui
kegiatan pelatihan kader kesehatan sekolah tingkat dasar atau Dokter kecil
dengan fokus pelatihan pada :
a) Ketrampilan
mengamati dan memelihara kebersihan perorangan
b) Ketrampilan
mengamati dan memelihara kebersihan lingkungan
c) Ketrampilan
mengamati status kesehatan, seperti mengukur dan mencatat Tinggi dan berat
badan serta Visus
d) Ketrampilan
Pertolongan Pertama Pada Kecelakan (P3K) dan Pertolongan Pertama Pada Penyakit
(P3P)
e) Komunikasi,
Informasi dan Edukasi
b. Kegiatan
Preventif ( Pencegahan )
1) Penjaringan
kesehatan pada peserta didik baru / kelas I baru
2) Pemeriksaan
Kesehatan periodik :
a) Untuk
peserta didik bukan di kelas I. Setiap semester : TB-BB, Visus, HB, Imunisasi
b) Untuk
guru berupa pemeriksaan kesehatan secara sederhana, sekali setahun.
c) Pengawasan
terhadap penyediaan air bersih, warung sekolah, kesehatan lingkungan
c. Kegiatan
Kuratif (penyembuhan )
1) Pengobatan
ringan dan pertolongan pertama disekolah.
2) Rujukan
medik untuk mengurangi derita sakit, kasus kecelakaan, keracunan atau lain
kondisi yang membahayakan nyawa dan pengobatan penyakit-penyakit tertentu.
3) Penanganan
kasus anemi gizi
4) Koreksi
terhadap kelainan penglihatan dan pendengaran
d. Kegiatan
Rehabilitatif ( Pemulihan )
Pemulihan kesehatan terhadap warga
sekolah pada kejadian yang ada di sekolah
3.
Pembinaan
Lingkungan Sekolah Sehat
Kegiatan
pembinaan lingkungan sekolah sehat mencakup pembinaan lingkungan fisik, mental,
dan sosial yang meliputi :
a. Meningkatkan
faktor pelindung terhadap peserta didik
b. Memperkecil
faktor resiko yang mengancam kesehatan peserta didik
c. Menciptakan
suasana dan hubungan kekeluargaan yang akrab dan erat antara sesama warga
sekolah dan lingkungan masyarakat.
Makna Logo UKS
A. Segitiga :
melambangkan tiga program pokok UKS, yaitu: 1) Pendidikan kesehatan, 2) Pelayanan
kesehatan, 3) Pembinaan lingkungan sekolah sehat
B. Warna hijau pucuk daun pisang : melambangkan
peserta didik sebagai generasi muda yang masih akan tumbuh dan berkembang
C. Lingkaran : melambangkan bahwa program-program
UKS dilaksanakan secara terpadu antara berbagai pihak terkait.
D. Tulisan UKS : tulisan UKS vertikal melambangkan
bahwa program UKS dilaksanakan mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, sampai
SMA/SMK/MA
E. Warna putih pada tulisan UKS : melambangkan
bahwa melalui program pokok UKS diharapkan peserta didik dapat berprilaku hidup
bersih dan sehat
Sumber :
http://www.indonesian-publichealth.com/usaha-kesehatan-sekolah-uks/
http://dinkeslumajang.or.id/usaha-kesehatan-sekolah-uks/
https://ukskuto.blogspot.co.id/2015/06/pengertian-uks.html
https://smp6merangin-uks.blogspot.co.id/2011/08/makna-logo-uks.html
http://sdkebondalem.ypiisemarang.sch.id/?p=496
Tidak ada komentar:
Posting Komentar