Penyakit Sariawan : Pengertian, Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, Dan Pencegahannya



A.   Pengertian Penyakit Sariawan
Sariawan atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan stomatitis merupakan radang yang terjadi pada mukosa (pipi bagian dalam) mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan. Bercak itu dapat berupa bercak tunggal maupun berkelompok.

Penyakit Sariawan

Sariawan dapat menyerang selaput lendir pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi, serta langit-langit dalam rongga mulut. Meskipun tidak tergolong berbahaya, tapi sariawan sangat mengganggu.




Penyakit ini tergolong penyakit ringan, hanya saja akan mengurangi selera makan, lantaran rasa perih yang dialami akibat sentuhan makanan pada sariawannya. Umumnya lokasi sariawan di bibir, lidah, pipi bagian dalam (mukosa), dan tenggorokan, jarang terjadi pada gusi.

Jenis-Jenis Sariawan
1.     Stomatitis Aphtous Atau Canker Sore
tomatitis Aphtous Atau Canker Sore
Merupakan jenis sariawan yang sering terjadi disebut juga dengan istilah ulkus aphthous, merupakan ulkus (luka sariawan) yang berwarna pucat atau kuning dengan pinggir luarnya berwarna kemerahan baik tunggal maupun berkelompok yang terletak dalam mulut, biasanya terjadi pada pipi bagian dalam, bibir dan lidah. Biasanya berlangsung selama 5 sampai 10 hari dan tidak disertai demam atau badan panas dingin.

2.     Sariawan Herpes Simplex Atau Cold Sore
Sariawan Herpes Simplex Atau Cold Sore

Sesuai dengan namanya sariawan ini disebabkan oleh infeksi virus herpes. Memiliki ciri sariawan yang berkelompok pada bibir bagain dalam, sedangkan herpes pada kulit sekitar bibir berisi cairan yang lambat laun akan berkerak atau keropeng.

Sariawan yang disebabkan oleh herpes ini jarang terjadi pada gusi atau langit-langit mulut. Berlangsung sekitar 7 sampai 10 hari.  Sebelum muncul sariawan biasanya didahului dengan rasa kesemutan, nyeri, atau pedih panas seperti terbakar. Terkadang disertai dengan gejala yang mirip pilek atau flu.

3.     Sariawan Iritasi
Sariawan Iritasi

Iritasi pada mulut dapat menyebabkan lapisan mukosa mulut menjadi rusak kemudian timbullah ulkus atau luka sariawan. Mungkin hal ini sering kita alami, contohnya ketika asyik-asyiknya makan tiba-tiba lidah tergigit, beberapa hari kemudian menjadi sariawan di bagian lidah yang tergigit tadi. Atau ketika keasyikan makan krupuk atau kripik dalam jumlah yang banyak, keesokan harinya mulut pada lecet dan akhirnya menjadi sariawan.

B.   Gejala Penyakit Sariawan
Gejala Penyakit Sariawan

·        Mulut akan terasa panas
·        Untuk gejala penyakit sariawan di awal akan terdapat luka kecil yang memiliki warna putih, pada permukaan lidah, atau bisa juga di dinding mulut
·        Ketika tergores sesutu seperti sikat gigi, akan mengeluarkan sedikit darah pada gejala penyakit sariawan
·        Lidah akan terasa panas seperti terbakar
·        Di dalam bagian tenggorokan juga akan terasa panas untuk gejala penyakit sariawan
·        Terasa sakit ketika menelan sesuatu
·        Untuk gejala penyakit sariawan yang penderita menggunakan gigi palsu, akan muncul rasa nyeri dan juga kemerahan.

C.   Penyebab Penyakit Sariawan
1.     Kekurangan Vitamin B12
Gejala penyakit sariawan bisa menyerang organ mulut dan meradang nya merupakan reaksi tubuh yang kekurangan zat besi, vitamin B12, dan juga vitamin C. Karena tubuh sangat memperlukan vitamin dan nutrisi dari ketiga nya, sehingga jika kekurangan akan menyebabkan penyakit sariawan pada mulut.

2.     Tergigit Dengan Tidak Sengaja
Tergigit dengan tidak senganja ketika sedang berbicara, atau ketika sedang asik memakan sesuatu sering kali terjadi. Gigitan yang keras ataupun tidak akan menyebabkan luka, sehingga akan muncul gejala penyakit sariawan dan juga bisa mengeluarkan darah jika gigitan nya keras, dan luka yang di timbulkan juga akan berukuran besar.

3.     Bakteri, Virus Atau Kuman
Bakteri bisa banyak di temukan di sekitar kita, begitu juga dengan kuman dan virus yang mudah sekali menyerang dan menginfeksi ketika daya tahan tubuh sedang melemah.

Bakteri biasa nya akan timbul akibat dari sikat gigi atau juga karena keadaan gigi yang tidak bersih karena ketika setelah makan tidak di bersihkan kembali.

4.     Kanker Mulut
Penyakit kanker mulut juga bisa menyebakan gejala penyakit sariawan untuk awal kemuculannya. Dan biasanya jika benar terkena kanker mulut sariawan yang meradang akan bertahan lama, atau akan cepat hilang dan muncul kembali.

5.     Pendarahan Pada Pembuluh Darah Kapiler
Mulut juga terdapat pembuluh darah kapiler. Jika pembuluh darah kapiler pecah juga dapat membuat sariawan pada mulut.

6.     Hemofolia
Sariawan yang disebabkan akibat hemofolia memang sangat jarang. Namun, penyakit hemofolia juga bisa menyebabkan sariawan. Sehngga akan menyebabkan pendarahan.

7.     Kurang Vitamin C
Salah satu faktor penyebab sariawan yaitu karena kurangnya vitamin c. Vitamin c salah kebutuhan tubuh yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mulut dan seluruh tubuh tidak akan mudah terinfeksi dari bakteri maupun virus.

Karena awal terjadinya sariawan di sebabkan oleh infeksi bakteri mulut, maka dari itu kurangnya vitamin c bisa menjadi salah satu faktor penyebab sariawan juga.

8.     Gigi Palsu
Pemakaian gigi palsu sangat membantu untuk menggantikan gigi asli yang copot atau pun keropos. Tetapi ada kekurangan yang di miliki oleh gigi palsu juga, karena gigi palsu bisa menjadi faktor penyebab sariawan.

Gigi palsu bisa menyebabkan sariawan jika ukurannya tidak sesuai dengan ukuran gigi awalnya sehingga dinding mulut akan selalu tergores dengan gigi palsu sehingga menyebabkan munculnya sariawan.

9.     Sakit Gigi
Adanya sariawan di mulut bisa dialami karena di sebabkan oleh sakit gigi. Sakit gigi berlubang atau pun yang lainnya bisa menjadi faktor penyebab sariawan karena gigi yang sakit terdapat bakteri yang menginfeksi gigi dan juga akan menginfeksi gigi bagian lainnya sehingga sakit gigi akan dialami juga. karena itu gigi yang sakit sebaiknya segara diobati agar tidak akan menimbulkan luka pada mulut.

10.                        Mulut Tidak Bersih
Faktor penyebab sariawan di sebabkan oleh kebersihan mulut yang kurang terjaga dengan baik. mulut yang kurang bersih di sebabkan oleh jarang menggosok gigi bisa menyebabkan sariawan karena bakteri akan muncul apabila gigi dan mulut kotor. Oleh karena itu kebersihan mulut harus di jaga dengan baik agar tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan pada mulut yang mengganggu.

11.                        Efek Samping Obat
Minum obat obatan kimia juga bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit. Bisa penyakit yang serius dan juga sedang, dan sariawan salah satu jenis penyakit yang bisa di sebabkan oleh efek samping obat. Obat kimia bisa menjadi faktor penyebab sariawan oleh sebab itu sebaiknya lebih hati hati untuk mengkonsumsi obat obatan tertentu.

12.                        Merokok
Rokok bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada mulut, karena itu merokok jangka panjang tidak baik bagi kesehatan mulut sehingga harus dihindari agar tidak menyebabkan sariawan.

13.                        Benda Asing Di Mulut
Benda asing di mulut bisa berupa gigi palsu, namun ada lagi yang sekarang sekarang ini marak di gunakan yaitu kawat gigi. Kawat gigi dan sejenisnya di gunakan untuk merapihkan gigi yang kurang sempurna posisinya dan benda asing tersebut bisa menjadi faktor penyebab sariawan juga karena tergesek oleh dinding mulut maka dari itu akan terasa sakit ketika di gunakan.


D.   Cara Mengatasi Penyakit Sariawan
1.     Air Kelapa
Ambillah air kelapa, misalnya ada air kelapa hijau. Pakai untuk kumur serta dapat pula ditelan. Ini merupakan cara mengobati sariawan yang paling mudah sekaligus enak tapi juga ampuh.

2.     Jambu Air
Ambillah kulit batang jambu air 10 gr (Kulit batang yang tetap muda), bersihkan serta tumbuk halus makin 1/2 gelas air masak, saring. Pakai air saringan itu untuk kumur.

3.     Kopi Bubuk
Ambillah sedikit bubuk kopi lalu berikan di bagian yang sariawan, biarlah berapa menit, lalu kumurlah dengan air bersih. Sampai pulih. Insaalah dapat pulih lebih kurang 2 – 3 hari.

4.     Berkumur Dengan Air Garam
Berkumur dengan air hangat yang di gabung garam tiga kali satuhari sanggup mengobati luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam sanggup menarik cairan pada luka sariawan jadi sanggup mempercepat pengobatan.

5.     Minum Yogurt
Yogurt menolong keseimbangan bakteri di mulut serta badan. Hal tersebut dapat mempercepat pengobatan serta menolong menghindar sariawan. Buat rasakan akhirnya, yakinkan yogurt memiliki kandungan acidophilus hidup.

6.     Basuh Mulut Dengan Obat Tradisional
Basuh mulut dengan satu diantara dari berapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, juice plum, tea tree oil serta air hangat dengan garam.

7.     Berikan Luka Dengan Bawang Serta Pepaya
Menggunakan segera obat ke luka sariawan bisa juga mempercepat sistem pengobatan. Pakai bawang mentah, pepaya atau kantong teh segera pada luka sariawan.
Advertisement

8.     Tomat
Cara mengatasi Sariawan yang selanjutnya yaitu memanfaatkan tomat. Makan tomat mentah sebagai obat untuk menanggulangi sariawan. Atau dapat pula, kumur memakai juice tomat.

9.     Daun Kemangi Serta Kunyit
Cara mengobati sariawan dengan menggunakan daun kemangi. Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi serta air minum. Cara barusan efisien untuk meredakan nyeri sariawan serta selekasnya mengobati.

Dapat juga mengulaskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit di gabung dengan satu sendok teh gliserin. Berikan pasta ini di bagian luka.

10.                        Cobalah Baking Soda
Obat sariawan alami yang berikutnya dengan menggunakan baking soda. Campur baking soda dengan air yang jadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda dapat menolong melenyapkan bakteri didalam mulut serta kurangi rasa sakit.

11.                        Temulawak
Temulawak banyak digunakan pada ramuan jamu tradisional, terutama untuk jamu penambah nafsu makan. Tapi ternyata rimpang ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sariawan.

Bahannya adalah satu buah rimpang temulawak, iris tipis, satu buah asam jawa dan sedikit gula aren. Rebus dengan 2 gelas sampai airnya menyusut setengahnya. Saring dan minum 2 kali sehari.

12.                        Kaki Kuda, Pegagan, Antanan
Ketiga nama tersebut merujuk pada jenis tanaman yang sama dan dapat digunakan untuk obat sariawan. Sediakan satu genggam daun taman kering, kemudian direbus selama 15 menit dan airnya diminum.

Selain ampuh mengatasi sariawan ramuan ini juga berkhasiat untuk obat disentri, sakit perut, radang usus, batuk dan peluruh air seni.

13.                        Temu Kunci
Rimpang temu kunci secukupnya, cuci bersih kemudian dikunyah-kunyah dan telan. Bentuk rimpang temu kunci agak berbeda dari rimpang lainnya seperti temulawak, jahe, lengkuas, dsb. Kalau dilihat-lihat lebih mirip wortel yang tumbuhnya vertikal ke bawah.

14.                        Delima Putih
Buah delima secara garis besar dibedakan menjaid ua berdasarkan warnanya, yaitu delima putih dan delima merah. Delima putih bisa digunakan sebagai obat untuk sariawan.

Caranya 2 buah delima putih diambil bijinya tumbuk hingga halus. Rendam dalam segelas air selama 2 hari, gunakan untuk berkumur.

15.                        Kembang Sepatu
Daun bunga sepatu direbus dalam air mendidih selama 15 menit. Saring lalua airnya diminum. Baca juga manfaat kembang sepatu yang lainnya.

16.                        Daun Sirih Hijau
Dua lembar daun sirih hijau dibersihkan lalu dikunyah hingga lumat di mulut. Biarkan sebentar lalu buang. Jangan dimakan yah. Baca juga manfaat daun sirih untuk kesehatan.

17.                        Daun Jambu Biji
Salah satu manfaat daun jambu biji adalah mengobati sariawan. Caranya mudah, sediakan segenggam daun jambu biji serta sepotong kulit batangnya, cuci bersih. Rebus dengan satu liter air bersih hingga tersisa kurang lebih satu gelas. Setelah dingin airnya disaring lalu diminum sekaligus.

18.                        Mentimun
Mungkin tak banyak yang tahu bagaimana cara mengobati sariawan dengan mentimun . Kebanyakan orang mengetahui kegunaan mentimun sebagai masker wajah atau penurun tekanan darah tinggi. Ambil mentimun yang sudah tua tapi masih segar. Cuci bersih, iris-iris lalu dimakan. Habiskan 2 buah mentimun setiap harinya.

19.                        Tanaman Adas
Siapa yang menyangka kalau tanamn adas juga bisa dijadikan sebagai obat sariawan tradisional ayng super ampuh. Cara membuat ramuannya adalah 1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, semua dihaluskan.

Beri sedikit garam lalu seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin airnya diminum, tapi jangan langsugn ditelah ke kerongkongan. air harus membasahi bagian mulut yang terkena sariawan. Ramuan herbal ini juga dapat mengetasi baumulut.

20.                        Asam Jawa
Obat sariawan yang terakhir adalah daun asam jawa dan kunyit. Keduanya direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Agar rasanya lebih enak bisa ditambahkan gula enau. Airnya disaring lalu diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore setelah makan. Lakukan secara rutin biar cepat sembuh.

E.   Pencegahan Penyakit Sariawan
1.     Menjaga Kebersihan Mulut
Menjaga kebersihan mulut dengan rajin menggosok gigi, minimal 2 kali sehari agar kebersihan gigi dan juga mulut akan terjaga. Dengan menjaga kebersihan mulut juga akan terhindar dari bau mulut dan juga gigi berlubang.

2.     Memeriksakan Gigi Dan Mulut Ke Dokter
Setiap beberapa bulan sekali, atau minimal 6 bulan sekali memeriksakan gigi dan juga mulut sangat di anjurkan. Karena ketika melakukan pemerisaan dokter akan tahu kondisi kesehatan mulut dan gigi.

Ketika melakukan pemerikasaan, dokter juga akan membantu mebersihkan gigi yang terdapat plak atau karang gigi, yang jika di diamkan terlalu lama juga dapat menjadi tempat bakteri terkumpul.

3.     Hati Hati Ketika Sedang Makan
Karena penyebab terbesar sariawam dari tergigit dengan tidak sengaja sehingga untuk mencegah nya anda bisa berhati hati ketika sedang mengunyah makanan, atau sebaik nya tidak berbicara ketika makan, karena ketika berbicara saat makan juga akan menyebabkan tergigit dengan tidak sengaja.

4.     Mengurangi Makanan Yang Mengandung Gula
Makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan sariawan. Selain membuat mulut terkena sariawan makanan yang telalu manis akan membuat kadara gula darah tinggi, sehingga akan menyebabkan penyakit diabetes.

Dan setelah memakan makanan manis jika mulut tidak segera di bersihkan, atau tidak segera meminum air putih dapat membuat gigi menjadi berlubang.

5.     Hindari Rokok
Selain memicu penyakit jantung dan juga penyakit kanker paruparu. Rokokjuga dapat menajadi gejala penyakit sariawan. Oleh sebeb itu jika ingin terhindar dari sariawan sebaiknya menghindari rokok.

6.     Merawat Gigi Palsu
Selain menjaga kebersihan gigi asli, gigi palsu juga harus di rawat kebersihan nya. karena jika gigi palsu kotor juga bisa menjadi penyebab sarawan.

7.     Membersihkan Sela Gigi
Menyikat gigi biasa nya hanya dapat membersihkan bagian depan gigi, bagian sela gigi tidak dapat di jangkau dengan sikat gigi biasa, sehingga dapat menimbulkan bakteri dan  juga plak pada gigi.

Untuk membersihkan sela gigi selain dengan cara scaling di dokter gigi, bisa juga dengan benag khusus yang di buat untuk memebersihkan sela gigi, sehingga sela gigi tidak kotor.

Atau selain itu juga bisa menggunakan obat kumur, karena obat kumur mulut dapat membantu untuk membunuh bakteri di dalam mulut, dan juga mencegah bau mulut.

8.     Makan Makanan Sehat
Karena gejala penyakit sariawan bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin, sehingga jika ingin mencegah sariawan pada mulut bisa dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur.


Sumber :
http://sariawan.org/penyakit-sariawan/
http://mediskus.com/penyakit/jenis-jenis-penyebab-sariawan
http://penyakitsariawan.com/gejala-penyakit-sariawan/
http://sariawan.org/
http://manfaatnyasehat.com/cara-mengobati-sariawan-secara-alami/



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment