Penyakit Asfiksi : Gejala Asfiksi, Penyebab Asfiksi, Obat Alami Asfiksi, Pencegahan Asfiksi

asfiksi

Penyakit asfiksi adalah penyakit yang terjadi karena adanya gangguan dalam pengangkutan oksigen (O2) ke dalam jaringan tubuh.
Hal itu menyebabkan penurunan fungsi paru-paru, pembuluh darah, ataupun jaringan tubuh yang lain.
Misalnya alveolus yang terisi air baik secara sengaja maupun secara tidak sengaja atau bahkan mungkin karena seseorang tenggelam.
Pada orang yang tenggelam, alveolusnya terisi air sehingga difusi oksigen sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali sehingga mengakibatkan orang tersebut shock dan pernapasannya dapat terhenti.

A.  Pengertian Asfiksi
Penyakitasfiksi adalah penyakit yang terjadi karena adanya gangguan dalam pengangkutan oksigen (O2) ke dalam jaringan tubuh.

B.  Gejala Asfiksi
Gejala penyakit asfiksi terdiri dari fase-fase tertentu, seperti berikut ini :
1.   Fase Dispneu atau Sianosis Asfiksia.
Fase ini berlangsung sekitar 4 menit dan terjadi akibat dari rendahnya kadar oksigen dibandingan dengan kadar karbon dioksida.
Biasanya pada pase ini terjadi perubahan pada pernafasan dan tekanan darah yang mengakibatkan nafas cepat dan berat juga tekanan darah meningkat.
2.   Fase Konvulsi Asfiksia.
Fase ini terjadi lebih rendah dari fase dispneu yakni kira kira berjalan selama 2 menit.
Namun pada fase ini mengakibatkan penderita mengalami kejang tonik dan opistotoni, sehingga gejalanya seperti kejang kejang, denyut jantung lambat, dan tekanan darah menurun.
3.   Fase Apneu Asfiksia.
Fase ini berlangsung selama 1 menit dan terjadi berupa adanya depresi pada nafas yang mengakibatkan nafas lemah bahkan bisa membuat penderitanya kehilangan kesadaran.
4.   Fase Akhir Asfiksia.
Fase mengerikan dari fase yang lain karena mengakibatkan denyut jantung melemah dan lama kelamaan nafas mulai terhenti akibatnya dapat menyebabkan kematian.

C.  Penyebab Asfiksi
PenyakitAsfiksi disebabkan oleh adanya bakteri diplococcus pneumonia yang mengakibatkan alveolus terisi oleh limpa.
Penyebab lain yaitu Adanya gas racun karbon monoksida (CO) yang memiliki daya ikat terhadap hemoglobin jauh lebih besar daripada Oksigen (O2).
Akibatnya tubuh kekurangan oksigen yang diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan.

D.  Obat Alami Asfiksi
Jintan hitam dan minyak zaitun. Kedua bahan herbal tersebut sudah teruji secara klinis dan rekomendasi para ahli dalam pengobatan penyakit pada sistem pernafasan manusia, terutama pada penyakit paru-paru.

E.  Pencegahan Asfiksi
Upaya pencegahan asfiksi adalah dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

No comments:

Post a Comment