Penyakit Psoriasis : Pengertian Psoriasis, Jenis-Jenis Psoriasis, Gejala Psoriasis, Penyebab Psoriasis, Cara Mengatasi Psoriasis, Dan Pencegahan Psoriasis



A.   Pengertian Penyakit Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit peradangan kronis dan bersifat autoimun (penyakit yang muncul sebagai akibat dari reaksi sistem kekebalan atau sistem imun tubuh) yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan bercak putih, perak, atau merah bersisik tebal di berbagai bagian tubuh terutama pada kaki, punggung bawah, lutut, siku, tangan, dan kulit kepala. Namun bukan hanya pada kulit saja yang terjadi tetapi juga sering terjadi pada perubahan bentuk kuku.


Penyakit tidak menular ini biasanya terjadi pada orang dewasa, walaupun ada juga beberapa kasus pada anak-anak dan remaja. Psoriasis dapat bersifat ringan, sedang, ataupun berat.

Pasien dengan kasus ringan hampir tidak ada gejalanya, pasien yang menderita kasus yang lebih parah akan memperlihatkan gejala seperti kulit tebal, merah, dan bersisik pada seluruh tubuh mereka.

Penyakit ini sering dianggap sepele dan tidak cukup mengganggu, namun psoriasis ini cukup membuat penderita akan merasa malu bergaul, stress karena penyakit kulit yang dialami.

Orang-orang disekitar pun akan takut menular, serta sering terjadi nya penolakan dan penghindaran. Dari sebagian jenis Psoriasis juga dapat menyebabkan kulit melepuh dan kelumpuhan jika dibiarkan.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang dengan Psoriasis memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung, diabetes, dan penyakit darah tinggi atau hipertensi.

 

B.   Jenis-Jenis Psoriasis
1.     Psoriasis Plak, ini merupakan jenis psoriasis yang banyak ditemukan. Gejalanya dapat terlihat seperti kulit yang ditutupi sisik berwarna keperakan, kering dan menimbulkan plak berwarna merah yang disertai gatal dan perih. Jika kondisi ini dibiarkan maka akan menyebabkan retak dan berdarah. Psoriasis plak ini dapat muncul di semua bagian tubuh. Hampir 80% dari penderita psoriasis adalah tipe Psoriasis Plak yang secara ilmiah sisebut juga psoriasis vulgaris (yang berarti umum).
psoriasis plak

2.     Psoriasis Kuku, psoriasis jenis ini menyerang pada bagian kuku, sehingga kuku mengalami perubahan warna, kuku terasa longgar dan terlepas dari kulitnya. Pada kondisi yang telah parah maka akan menyebabkan kuku runtuh.
Psoriasis kuku dapat menyerang dan merusak kuku dibagian bawah kuku tumbuh banyak sisik seperti serbuk, jenis ini termasuk yang sulit/bandel untuk disembuhkan bagi penderita.
psoriasis kuku

3.     Psoriasis Kulit Kepala, kulit kepala akan berwarna merah, gatal dan bersisik keperakan. Bila di garuk maka akan terlihat kulit mati di rambut.
psoriasis kulit kepala

4.     Guttate Psoriasis, disebabkan oleh infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. Gejalanya yaitu munculnya tetesan air pada lengan, kaki dan kulit kepala yang ditutupi sisik halus yang tidak setebal plak.
psoriasis guttate

5.     Psoriasis Inverse, biasanya terdapat pada bagian ketiak, selangkangan, bawah payudara, dan pada alat kelamin. Gejalanya yakni bercak merah pada kulit dan dapat menyebabkan peradangan. Biasanya disebabkan oleh obesitas dan dapat diperparah oleh gesekan dan keringat.
psoriasis inverse

Tipe psoriasis ini pertama kali tampak sebagai bercak (lesions) yang sangat merah dan bercak itu bisa tampak licin dan bersinar. Psoriasis Inverse sangat menganggu karena iritasi yang disebabkan gosokan/garukan dan keringat karena lokasinya di lipatan-lipatan kulit dan daerah sensitif tender, terutama sangat mengganggu bagi penderita yang gemuk dan yang mempunyai lipatan kulit yang dalam.

6.     Psoriasis Pustular, Psoriasis jenis ini sangat jarang terjadi. Gejala yang terlihat seperti luka berukuran kecil pada daerah tangan, kaki, ujung jari.
psoriasis pustular

Kulit biasanya aka melepuh yang disertai dengan keluarnya nanah yang disertai demam, menggigil, lemas, dan gatal pada kulit. Kasus Psoriasis Pustular terutama banyak ditemui pada orang dewasa.

Psoriasis ini, bisa terkumpul dalam daerah tertentu pada tubuh, contohnya, pada tangan dan kaki. Psoriasis Pustular juga dapat ditemukan menutupi hampir seluruh tubuh. Biasanya Psoriasis jenis ini akan hilang dan muncul kembali setiap beberapa hari/minggu.

7.     Psoriasis Eritroderma, disebabkan oleh paparan sinar matahari, kortikosteroid, obat-obatan. Kulit akan menjadi merah, terbuka, gatal dan sensasi yang terbakar.
Tipe psoriasis ini sangat berbahaya, seluruh kulit penderita menjadi merah matang dan bersisik, fungsi perlindungan kulit hilang, sehingga penderita mudah terkena infeksi.
psoriasis eritroderma

8.     Psoriasis Arthritis, menyerang bagian sendi. Jenis psoriasis ini akan menyebabkan kelumpuhan dan kekakuan. Timbul dengan peradangan sendi, sehingga sendi terasa nyeri, membengkak dan kaku, sama persis seperti gejala rematik.  Pada tahap ini, penderita harus segera ditolong agar sendi-sendinya tidak sampai menjadi keropos.
psoriasis arthritis

C.   Gejala Penyakit Psoriasis
Tingkat keparahan gejala psoriasis berbeda-beda di antara para penderitanya. Selain itu, intensitas gejalanya dapat berubah dari waktu ke waktu. Ada yang mengalami gejala yang ringan atau tidak sama sekali dalam kurun waktu tertentu.

Tetapi kemudian gejala bertambah parah hingga mengganggu kenyamanan pengidap. Psoriasis tampak seperti bercak bersisik tebal berwarna merah, putih, atau perak yang muncul di bagian manapun pada tubuh. Ciri - ciri munculnya penyakit psoriasis antara lain :
1.     Bercak menonjol, pinggirannya merah, kering, dan gatal.
2.     Terkelupas seperti sisik berwarna keperakan.
3.     Bisa pecah dan menimbulkan nyeri.
4.     Biasanya terpisah satu sama lain dan saling menyatu bila sudah meluas rata.
5.     Biasanya diawali di sikut, lutut, batang tubuh, kulit kepala dan kuku.



D.   Penyebab Penyakit Psoriasis
Penyebab psoriasis secara pasti belum diketahui. Tetapi penyakit ini diduga terkait dengan gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat.

Psoriasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan.
Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel-sel kulit yang mati dalam beberapa minggu sekali. Tetapi pengidap psoriasis akan mengalaminya dalam hitungan hari sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit yang akhirnya membentuk penebalan kulit.

Faktor keturunan juga dianggap dapat berperan dalam munculnya psoriasis. Selain itu, ada beberapa faktor resiko yang diduga dapat memicu penyakit ini. Di antaranya, infeksi tenggorokan, cedera pada kulit, serta akibat penggunaan obat-obatan tertentu.

Para ahli percaya bahwa penyakit ini merupakan penyakit turunan. Pasien dengan riwayat Psoriasis dalam keluarga memiliki risiko lebih tinggi secara bermakna untuk terkena penyakit tersebut.

Penelitian telah membuktikan bahwa seorang anak dengan orang tua yang menderita Psoriasis memiliki kecenderungan sampai dengan 50 persen untuk dapat terkena penyakit tersebut. Akan tetapi, belum dapat ditentukan apakah faktor genetik adalah satu-satunya yang menyebabkan munculnya Psoriasis.

E.   Cara Mengatasi Penyakit Psoriasis
1.     Cuka Apel
cuka apel

Campurkan satu sendok teh cuka apel dengan secangkir air hangat. Oleskan cairan tersebut pada kulit yang terkena psoriasis dan pijat lembut selama satu hingga dua menit.

2.     Dadih
dadih

Minuman fermentasi susu / dadih bisa menjadi obat yang baik untuk psoriasis. Minum dua gelas dadih setiap hari untuk mengurangi peradangan pada kulit akibat psoriasis.

3.     Baking Soda
baking soda

Campurkan satu sendok teh baking soda dengan empat sendok teh air dalam mangkuk. Buatlah pasta yang lembek lalu oleskan ke area kulit psoriasis dengan kain steril.

4.     Minyak Ikan
minyak ikan

Ada suatu penelitian yang menyarankan untuk rutin meminum suplemen minyak ikan guna mengurangi penampakan psoriasis pada kulit. Bukan hanya untuk diminum, mengobati psoriasis dengan minyak ikan juga bisa langsung dioleskan pada kulit yang terdapat psoriasis.

5.     Cayenne
cayenne

Cabai Cayenne mengandung zat capcaisin yang banyak digunakan pada obat pereda nyeri dan krim atau jel.  Gosokkan krim capsaicin pada kulit untuk meredakan gatal dan luka kulit akibat psoriasis.

6.     Lidah buaya
lidah buaya

Ambil gel dari daun lidah buaya yang masih segar dan meremasnya.  Terapkan gel ini langsung ke psoriasis. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air biasa. Terapkan secara teratur untuk hasil yang baik.

7.     Garam Epsom
garam epsom

Ambil segenggam garam pada bak mandi. Rendam tubuh anda sekitar 5 menit. Setelah selesai mandi, oleskan pelembab ke tubuh.

8.     Minyak Zaitun
minyak zaitun

Teteskan beberapa tetes minyak zaitun dan pijat dengan lembut daerah yang terkena. Lakukan beberapa menit kemudian bilas

Minyak Zaitun dan Susu ( 2 sdt minyak zaitun, segelas susu)
Campur minyak zaitun dengan susu. Tambahkan campuran ini ke air mandi
Gunakan untuk mandi dan lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

9.     Minyak Sayur
minyak sayur

Tambahkan satu cangkir minyak sayur di bak mandi Anda. Setelah mandi, oleskan pelembab untuk tubuh yang mencegah kekeringan. Cara ini membantu dalam penyembuhan gatal dan iritasi.

10.                        Kulit Pisang
kulit pisang

Ambil kulit pisang dan terapkan pada daerah yang terkena. Diamkan selama beberapa menit agar kering dan bilas dengan air bersih. Cara ini membantu mengurangi intensitas psoriasis.

11.                        Air Hangat
air hangat

Biasa berendam di air hangat membantu mengurangi gatal dan kemerahan pada daerah yang terkena.

12.                        Minyak Pohon Teh
minyak pohon teh

Ambil beberapa tetes minyak pohon teh di tangan Anda. Terapkan langsung memijat kulit. Atau Anda bisa mencairkan dengan air untuk mencegah reaksi alergi. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari berikutnya




F.    Pencegahan Penyakit Psoriasis
1.     Menjaga kelembaban kulit.
2.     Menghindari cuaca yang ekstrim yaitu cuaca dingin dan juga panas. Cuaca dingin dan panas akan membuat gejala menjadi lebih buruk.
3.     Hindari kecemasan dan juga stress, stress akan membuat gejala muncul tidak dapat diprediksi yaitu dating secara tiba-tiba, dan stress juga akan membuat gejala muncul tidak dapat diprediksi yaitu dating secara tiba-tibadan stress juga akan membuat gejala memburuk.
4.     Menghindari cedera pada kulit yaitu luka dan goresan pada kulit, karena psoriasis akan tumbuh pada luka tersebut.
5.     Tidak boleh menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.
6.     Apabila gatal usahakan untuk tidak digaruk pada saat gatal.
7.     Stop merokok.
8.     Konsumsi banyak air putih.
9.     Konsumsi makanan berserat.
10.                        Berkonsultasi dengan dokter kulit adalah cara yang aman dan baik untuk mencegah dan menghilangkan Psoriasis.

Pantangan makanan untuk penderita penyakit psoriasis
Penyakit psoriasis akan sulit sembuh jika kita tidak memperhatikan pola makan dan hidup sehat. Penyakit psoriasis akan tambah mewabah jika kita masih mengkonsumsi makanan yang kadar kalorinya tinggi. Maka dari sekarang perhatikanlah semua makanan dan minuman selama proses pengobatan penyakit psoriasis.
1.     Hindari makanan yang mengandung alkohol (durian, anggur, tape singkong).
2.     Hindari makanan asin (ikan asin, telur asin dan keju).
3.     Hindari makanan yang diawetkan (tahu, tempe, ikan asin, sosis, dll).
4.     Hindari makan daging (daging ayam, daging sapi, daging kambing).
5.     Hindari mengkonsumsi jeroan (ati, sumsum, usus, dll).


Sumber :


Artikel Terkait

1 comment:

  1. Herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang di sebabkan oleh virus. Virus herpes ini menyerang saraf tepi,maka dari itu janganheran kalau rasanya sakit sekali. Selain menimbulkan sakit saat masih terdapat luka, rasa sakit juga masih akan tetap di rasakan oleh penderita walaupun luka sudah kering dan sudah sembuh.


    cara mengobati herpes

    Herpes merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mudah sekali untuk menular, jadi hati-hati dan jaga kontak fisik dengan penderita herpes. Herpes itu sendiri juga di bedakan menjadi beberapa macam, sesuai dengan penyebabnya yaitu herpes simplek yang ditandai dengan luka seperti melepuh dan berisi air, herpes zoster merupakan jenis herpes yang terjadi karena penyakit varisella yang kambuh lagi, herpes genital yang berada di daerah alat kelamin, herpes labialis jika herpes terdapat pada bibir.

    Cara Mengobati Herpes S
    Herpes merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, maka dari itu antibiotik seperti amoxcilin, ampicillin tak akan mempan untuk meredakan herpes. Karena herpes merupakan penyakit yang di akibatkan oleh virus, obatnya pun yang harus untuk membunuh virus bukan antibiotik yang berguna untuk membunuh bakteri. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai cara mengobati herpes. Seperti apa caranya, kita lihat yuk.

    Cara Mengobati Herpes
    Beberapa jenis obat-obatan anti virus yang bisa digunakan untuk mengatasi herpes antara lein seperti asyclovir, valasiklovir, famsiklovir. Obat-obatan tersebut khusus untuk mengobatii segala jenis penyakit yang berasal dari virus. Jadi jangan selalu berasumsi semua penyakit bisa sembuh dengan antibiotik. Karena terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik justru akan sangat merugikan tubuh karena tubuh akan resisten dengan antibiotik tersebut.

    Kulup | Kulup panjang

    Ejakulasi dini | Sunat dewasa tak perlu malu

    Chat | Klini chat

    ReplyDelete