Penyakit Atelektasis : Gejala Atelektasis, Penyebab Atelektasis, dan Pencegahan Atelektasis

atelektasis

Atelektasis adalah suatu kondisi ketika sebagian atau satu lobus (segmen) paru-paru pada seseorang tidak berfungsi.
Pada atelektasis, kantung-kantung udara (alveoli) pada paru-paru mengempis sehingga mengganggu fungsi pernapasan.
Besarnya kerusakan jaringan alveoli akibat atelektasis bervariasi, tergantung kepada penyebabnya.
Pada penderita yang sudah memiliki penyakit pernapasan, munculnya atelektasis dapat memperparah kesulitan bernapas, serta menurunkan kadar oksigen dalam darah.
1)   Atelektasis Obstruktif : jenis atelektasis yang paling sering terjadi dan muncul akibat saluran antara trakea (tenggorokan) dengan alveoli terhalangi, sehingga gas karbon dioksida yang seharusnya dibuang diserap kembali oleh darah di alveoli. Obstruksi yang terjadi pada atelektasis obstruktif dapat diakibatkan oleh tumor, benda asing, atau sumbatan lendir mukosa.
2)   Atelektasis Relaksasi : kondisi yang terjadi akibat membran dalam paru-paru kehilangan kontak dengan membran luar paru-paru, baik karena adanya cairan atau udara di rongga pleura.
3)   Atelektasis Kompresi : kondisi yang terjadi akibat munculnya lesi pada rongga dada yang menekan paru-paru dan mendorong udara keluar dari alveoli sehingga mengurangi volume paru-paru.
4)   Atelektasis Adhesif : kondisi yang terjadi akibat kekurangan surfaktan pada paru-paru. Surfaktan berfungsi untuk mengurangi tekanan permukaan pada alveoli. Kekurangan surfaktan dapat menyebabkan terjadinya pengempisan alveoli.
5)   Atelektasis Sikatrik : kondisi yang berkurangnya volume alveoli adalah akibat kerusakan atau luka pada dinding alveoli karena penyakit granulomatosa atau nekrosis paru-paru.
6)   Atelektasis Replacement : kondisi yang terjadi akibat alveoli pada seluruh segmen paru-paru dipenuhi atau digantikan oleh sel-sel tumor misalnya pada karsinoma sel bronkioalveolar sehingga volume udara pada paru-paru berkurang.

A.  Pengertian Atelektasis
Atelektasis (Atelectasis) adalah pengkerutan sebagian atau seluruh paru-paru akibat penyumbatan saluran udara (bronkus maupun bronkiolus) atau akibat pernafasan yang sangat dangkal.

B.  Gejala Atelektasis
Atelektasis bisa terjadi secara perlahan dan mengakibatkan sesak napas ringan.
Kemungkinan penderita sindroma lobus medialis tidak mengalami gejala sama sekali, meski banyak yang menderita batuk-batuk pendek.
Gejalanya bisa berupa:
1.   Nyeri dada
2.   Batuk
3.   Gangguan pernapasan
Bila disertai infeksi, dapat terjadi demam dan peningkatan denyut jantung, kadang-kadang sampai terjadi syok (tekanan darah sangat rendah).

C.  Penyebab Atelektasis
Penyumbatan pada bronkus merupakan penyebab utama terjadinya atelektasis.
Penyumbatan juga bisa terjadi pada saluran pernafasan yang lebih kecil.
Penyebab terjadinya sumbatan bisa dikarenakan adanya tumor, gumpalan lendir, atau benda asing yang terhisap bronkus.
Saluran pernapasan yang tersumbat bisa menyebabkan udara dalam alveoli terserap ke dalam aliran darah hingga menyebabkan alveoli memadat dan menciut.
Jaringan paru-paru yang mengkerut biasanya terisi dengan sel darah, lendir, serum, dan kemungkinan akan terjadi infeksi.

D.  Pencegahan Atelektasis
Hal-hal berikut ini dapat membantu menurunkan risiko atelektasis:
1.   Jangan merokok: Merokok dapat meningkatkan produksi lendir dan menyebabkan kerusakan struktur yang melapisi saluran bronkial (silia).
Gerakan seperti gelombang dari struktur tersebut dapat membawa lendir dari saluran napas.
2.   Latihan napas panjang: Setelah operasi, ikuti petunjuk dokter untuk sering batuk dan melakukan latihan pernafasan.
3.   Posisi yang baik: Jika Anda harus beristirahat di tempat tidur, maka ubahlah posisi Anda dengan sering. Bangun dan berjalanlah secepat Anda bisa.
4.   Berhati-hati dengan objek kecil: Jangan memberi kacang pada anak hingga usia mereka 3 tahun, ketika mereka memiliki gigi geraham untuk mengunyah.
Jangan biarkan anak bermain dengan mainan yang memiliki bagian-bagian kecil yang longgar.


1 comment:

  1. SAHABATKARTU, Agen Domino99 Terbaik Di indonesia
    DAFTAR & Bergabunglah Sekarang juga
    - Bonus Rollingan 0,5% Setiap minggu
    - Bonus Referal 15% Seumur hidup
    =====================
    SILAKAN HUBUNGI CS KAMI DI :
    Livechat : www*sahabatkartu*biz
    W.A : +85581734028
    PIN BB : 2BCDBEE2

    ReplyDelete