Penyakit Kudis : Gejala, Pengobatan, dan Pencegahannya




Kudis adalah salah satu penyakit menular, penyakit ini disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Masa inkubasi penyakit ini biasanya sekitar 30 sampai dengan 60 hari.

Penyakit Kudis

Pada anak-anak kudis sering menyerang kulit kepala, wajah, leher, telapak tangan, dan telapak kaki. Sedangkan pada orang dewasa kudis menyerang pada sela-sela jari, ketiak, sekitar selangkangan, pergelangan tangan, siku, sekitar payudara dan puting, telapak tangan dan kaki, serta sekitar organ intim.

Kudis dapat menular  melalui kontak langsung dengan si penderita, dan melalui media seperti pakaian, handuk, sprei, barang-barang yang dipakai atau bersentuhan langsung dengan kulit si penderita.

A.   Gejala Penyakit Kudis
Gejala yang paling umum dari penyakit kudis adalah:
1.     Rasa gatal, terutama pada malam hari
2.     Bentol / bintil merah seperti jerawat
3.     Kulit lecet atau melepuh
4.     Kulit luka yang disebabkan oleh garukan




B.   Pengobatan Penyakit Kudis
1.     Daun Mimba
Haluskan daun mimba kemudian oleskan pada kulit yang terkena kudis. Bilas sampai bersih beberapa menit (sekitar 15-25 menit).

2.     Kunyit
Buatl pasta dari kunyit dengan tambahan beberapa tetes air perasan lemon. Oleskan saja campuran tersebut pada kulit yang terkena kudis & bilas setelahnya.

3.     Lidah Buaya
Oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang terkena kudis dan kemudian bilaslah satu jam kemudian.

4.     Cuka
Oleskan cuka yang sudah diencerkan pada kulit yang terkena kudis menggunakan kapas. Dilakukan dua kali sehari agar mendapatkan hasil maksimal.

5.     Minyak Lavender
Pijat kulit yang terkena kudis dengan memakai minyak ini. Diamkan dulu beberapa saat sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

6.     Temu Ireng
Ambil 1 rimpang temu ireng kemudian cuci dengan air yang mengalir. Tumbuk, campur dengan minyak kelapa sampai merata. Oleskan pasta ini pada kulit yang terkena kudis, bungkus menggunakan kasa bersih. Lakukan pengobatan ini, 3 kali dalam sehari.

7.     Tanaman Brotowali
Tumbuk batang tanaman ini sampai lumat, oleskan pada bagian kulit yang terkena kudis

8.     Bawang Putih
Haluskan bawang putih hingga berbentuk pasta lembut, oleskan pada kulit yang terkena kudis.

C.   Pencegahan Penyakit Kudis
Pencegahan dapat dilakukan dengan menerapkan kebersihan lingkungan maupun kebersihan pribadi, misalnya; mencuci pakaian dan seluruh kain dengan sabun dan mengeringkannya pada suhu tinggi.

Jangan menyimpan barang-barang yang tidak dapat dicuci atau tidak terpakai dalam wadah plastik yang tertutup. Ada baiknya untuk meletakkannya di luar ruangan.


Sumber :
http://www.alodokter.com/kudis/
http://www.sehatmu.com/2015/11/5-cara-mengobati-kudis-secara-tradisional.html
http://tradisioanal-obat.blogspot.co.id/2016/04/cara-mengobati-kudis-alami-cepat.html
https://www.deherba.com/kudis-scabies-bagaimana-cara-mengobati-dan-mencegahnya.html


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment