TIPS KESEHATAN SAAT MUDIK



Jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk mudik memang bisa berbeda-beda. Namun bagi Anda yang harus menempuh perjalanan jauh selama beberapa jam atau bahkan hari, maka mudik menjadi hal yang mungkin sangat melelahkan.

mudik

Lelah yang ditimbulkan ketika mudik kadang membuat anda merasa kesehatan anda berkurang. Akan menjadi hal yang berbahaya jika kesehatan anda memburuk pada saat mudik menuju kampung halaman anda. 

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan ketika mudik pada saat lebaran:
A.   Tips Umum
1.          Menjaga Stamina
Ketika anda akan berangkat mudik sebaiknya anda istirahat tidur selama 6 – 8 jam. Itu akan membuat tubuh anda tidak mudah mengantuk. Kemudianbanyak mengkonsumsi air putih.

Jangan membeli minuman yang tidak menyehatkan terlebih dahulu, sebab ketika sedang dalam perjalanan tubuh anda membutuhkan banyak sekali ion dan mineral.

2.          Mengetahui Kapasitas Diri Sendiri
Jika kampung halaman anda jauh sebaiknya anda tidak menggunakan motor roda dua. 

Anda harus tahu kapasistas diri anda sendiri, jangan memaksakan jika tubuh anda sudah tidak mampu lagi. 

Lebih baik menggunakan kendaraan umum ketimbang mengemudi namun semakin membahayakan diri anda sendiri karena lelah.

3.          Jangan Membeli Makanan Sembarangan
Ketika kita dalam perjalanan menujukampung halaman, banyak sekali pedagang yang menawarkan makannya pada kita. Biasanya paling banyak ada pada bus kota.

Namun, sebaiknya anda tidak membeli makanan tersebut sebab anda tidak tahu bagaiman cara pembuatan. Bersih atau tidak. Makanan tersebut masih baru atau sudah lama.

Mengandung kandungan yang berbahaya atau tidak. Jika anda merasa lapar, sebaiknya anda membeli makanan yang ada di rumah makan yang sudah pasti kualitasnya.

4.     Membawa Bekal
Dengan membawa bekal sendiri, kamu bisa mengetahui kebersihan dan kematangan dari makanan yang akan dikonsumsi nantinya. 

Jangan lupa juga, untuk membawa piring dan sendok. Selain memudahkan, penggunaan sendok akan meminimalisir pula kuman yang akan masuk ke dalam perut.

Sediakan juga hand sanitizer untuk berjaga-jaga agar tangan tetap higienis. Bawa juga minuman dari rumah. 

Usahakan membawa air mineral, sebab tubuh akan mengalami dehidrasi dari paparan ac dan kelelahan akibat menyetir ataupun duduk berjam-jam. 

Sediakan juga cemilan untuk menjaga agar pengemudi (bila membawa kendaraan pribadi) tidak cepat mengantuk.

5.     Utamakan Kesehatan & Kebersihan
Selama mudik, kamu juga tidak akan bisa menghindari yang namanya macet. Hal ini tentu akan berdampak pada kesehatan ginjal. 

Sebab, kamu akan menahan untuk tidak membuang air kecil secara sembarangan.

Usahakan untuk mencari toilet yang lebih bersih dan air mengalir. Kesehatan organ intim, khususnya wanita, akan menjadi lebih lembab selama perjalanan.

Sehingga, bila penggunaan toilet yang tidak bersih, air tidak mengalir, dan terutama tidak mengeringkan organ intim. 

Maka, akan menimbulkan masalah baru, yakni keputihan dan jamur. Sediakan selalu tisu non parfum atau handuk kecil di tas kamu.

6.     Obat-obatan
Tidak banyak orang yang bisa bertahan selama perjalanan mudik dengan angkutan darat. 

Biasanya, masalah yang akan timbul ialah diare, masuk angin, ataupun mabuk kendaraan. Untuk itu, jangan lupa sediakan obat-obatan penting tersebut.

Bila kamu memiliki penyakit yang lebih serius, usahakan juga untuk tetap sediakan obat itu di dalam tas. 

Bila perlu, kamu membawanya dalam jumlah lebih dan diletakan di tempat yang mudah dijangkau (bila tas tidak memungkinkan).

7.     Istirahat
Selain harus mempersiapkan kondisi mobil sebelum berangkat. Kamu juga harus mempersiapkan diri secara fisik maupun mental. 

Bagi pengemudi, sesuaikan dengan kekuatan tubuh. Bila mudah lelah, istirahat terlebih dahulu setiap dua hingga tiga jam sekali.

Saat istirahat, usahakan untuk tidur sejenak, makan, ataupun minum kopi. Hindari untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein tinggi (selain kopi), agar ritme jantung tetap stabil.

Lalu, lakukan peregangan/stretching ringan saat istirahat. Terlalu sering menginjak gas, rem, ataupun kopling akan membuat kaki kram ataupun kesemutan. 

Dengan melakukan peregangan, otot kaki juga akan lebih rileks dan tidak cepat kaku.

Bagi penumpang, dengan kondisi tubuh yang lebih banyak duduk dan kaki menekuk. 

Air dalam tubuh juga akan lebih banyak berada di bagian kaki. Sehingga, kaki akan menjadi bengkak.

Untuk itu, saat istirahat atau sampai tempat tujuan, lakukan mengangkat kaki tegak lurus dengan menempel di tembok. 

Hal ini, agar memudahkan cairan di kaki untuk mengalir keseluruh tubuh kembali.

B.   Tips Khusus
1.     Tahap Persiapan Sebelum Mudik
a.     Atur waktu istirahat Anda mendekati hari mudik, waktu terbaik untuk tidur minimal adalah selama 6 jam.
b.     Sebaiknya Anda harus makan sebelum berangkat mudik, untuk berjaga-jaga jika Anda mungkin sulit menemukan tempat makan selama perjalanan.
c.      Pilih pakaian yang nyaman selama mudik, sebaiknya pakai bahan katun yang nyaman dan tidak terlalu ketat.
d.     Pilih nutrisi makan sebelum hari keberangkatan, misalnya pilih makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat. Hindari makanan yang terlalu pedas atau asam.
e.      Lebih baik jika Anda menyiapkan bekal seperti makanan dan minuman yang hangat dan manis.
f.       Jika Anda merasakan sakit seperti flu atau gejala lain yang lebih ringan, maka sebaiknya Anda membawa obat-obatan.

Bus Angkutan Mudik

2.     Tips Saat Menempuh Perjalanan
a.     Jika Anda memiliki kebiasan merokok, sebaiknya Anda mulai mengurangi rokok karena roko bisa sangat buruk untuk kesehatan.
b.     Jangan pernah minum alkohol karena bisa menyebabkan dehidrasi.
c.      Konsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup untuk menghindari dehidrasi.
d.     Lakukan peregangan selama perjalanan seperti dengan menggerakkan betis, otot kaki, otot paha dan otot perut. Lakukan beberapa gerakan untuk membuat aliran darah lancar dan jantung tetap sehat.
e.      Lakukan gerakan untuk mengangkat tumit. Anda bisa memakai bola dan membuat posisi seperti gerakan pemanasan dengan bola.
f.       Tempatkan kaki agar selalu lurus dan kencangkan otot di bagian depan. Lakukan gerakan ini dan tahan selama sekitar 2 sampai 4 detik. Lakukan gerakan selama beberapa kali dan berikan waktu agar otot bisa pulih.
g.     Tekan bagian pinggang dan kuat ketika Anda sedang duduk. Tarik selama beberapa detik dan lakukan peregangan lagi.
h.     Jika Anda sedang dalam posisi duduk maka tekan bagian otot pantat sekuat mungkin dan lakukan peregangan ke posisi awal.
i.       Lakukan gerakan untuk membuat pantat tidak lelah dengan mengayun ke belakang dan ke depan dengan selama beberapa menit sesuai dengan kebutuhan Anda.
j.       Tekan pada bagian pinggang dan Anda bisa mencoba untuk menekuk bagian ini hingga sangat nyaman. Gerakan ini membuat pantat dan pinggang tidak terlalu lelah.

3.     Tips Untuk Pengemudi
a.     Saat Anda lelah untuk menyetir maka jangan terlalu memaksa.
b.     Jika Anda merasa lelah dalam perjalanan sebaiknya berhenti dan istirahat serta pilih tempat yang aman.
c.      Paling tidak Anda istirahat selama sekitar 20 menit.
d.     Jika Anda merasa jenuh maka siapkan musik yang bisa membuat Anda santai.
e.      Perbanyak minum air mineral selama dalam perjalanan dan hindari merokok

4.     Tips Mudik Bersama Bayi
a.     Sebaiknya sebelum berangkat Anda periksa kesehatan bayi, Anda bisa melakukan di dokter atau bidan.
b.     Periksa kondisi bayi Anda benar – benar sehat.
c.      Persiapkan obat yang direkomendasikan oleh dokter.
d.     Biarkan bayi berada di pengaman dan jangan terlalu banyak memangku bayi.
e.      Jaga kondisi fisik bayi agar selalu nyaman, sehat, tidak lembab.



Sumber :
http://www.doktergalau.com/2015/07/tips-menjaga-kesehatan-saat-mudik.html
http://beautynesia.id/6039
https://pulauherbal.com/jurnal/3652-tips-tetap-sehat-saat-mudik.html
https://pixabay.com/en/vw-camper-volkswagen-vw-car-336606/
https://pixabay.com/en/bus-motorcoach-transportation-712998/

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment