Penyakit Bisul : Gejala, Pengobatan, dan Pencegahannya



Bisul adalah penyakit yang timbul karena adanya infeksi pada kulit. Dengan ciri-ciri timbulnya benjolan kemerahan pada kulit dan kemudian membesar hingga mata nanah berwarna putih terlihat di tengah-tengah benjolan, rasa panas dan nyeri disekitar bisul menyertai penyakit ini.

Penyakit Bisul


Bisul timbul dari bakteri yang masuk melalui kelenjar keringat kemudian menembus hingga ke akar rambut pada ruam kulit yang terinfeksi bakteri, kemudian bisul kecil akan mulai membesar dengan pinggiran kulit yang memerah dan bagian tengah bisul dengan sekumpulan nanah atau darah putih yang mengandung bakteri dan kuman.

Macam-Macam Penyakit Bisul  :
1.     Hidradenitis suppurativa merupakan bisul yang biasanya menyerang bagian lipatan seperti ketiak dan juga pangkal paha, dan penyebab bisul berulang yang satu ini adalah karena peradangan di bagian kelenjar keringat dan sifatnya lokal.

2.     Akne kista adalah penyakit bisul yang menyerang bagian kulit dengan kandungan minyak yang banyak seperti wajah. Penyebab bisul berulang adalah karena kelenjar minyak yang mengalami infeksi akibat serangan bakteri.

3.     Kista pilonidal merupakan bisul yang sering terjadi bagian bokong, dan penyebabnya adalah akibat dari infeksi yang terjadi di folikel rambut dan kondisinya semakin parah karena adanya gesekan, tekanan, serta iritasi.




Mitos Penyakit Bisul
Makan telur dapat mengakibatkan bisulan itu adalah mitos, bisul timbul bukan dikarenakan makan telur terlalu sering, tapi penyebabnya adalah bakteri ataupun jamur, namun bisa juga seseorang mengalami bisul karena setelah makan telur orang tersebut alergi terhadap telur,  tapi secara umum telur tidak menyebabkan seseorang bisulan.


A.   Gejala Penyakit Bisul
Gejala yang timbul dari bisul dapat dirasakan seperti benjolan pada kulit terasa sakit atau nyeri, kulit disekitar benjolan menjadi bengkak dan memerah, bisul semakin membesar hingga terbentuk nanah di dalamnya dan membentuk bintik putih pada bagian tengah bisul.

Di samping itu, gejala yang terjadi adalah terasa nyeri dan panas di sekitar benjolan, pada bagian kulit tertentu terasa gatal, dan juga akan merasa demam, kelelahan serta badan terasa pegal.

B.   Pengobatan Penyakit Bisul
1.     Kentang
Siapkan kentang kemudian kupas kulit kentang dan cuci kentang sampai bersih. Kentang yang sudah bersih bisa anda parut sampai halus, jika sudah halus parutan kentang bisa anda tempelkan kebagian tubuh anda yang mengalami bisul diamkan beberapa saat sampai kering dan lakukan cara ini secara rutin dan teratur.

2.     Daun Sirih
Siapkan beberapa lembar daun sirih kemudian anda cuci bersih lalu anda rebus hingga mendidih. Air rebusan daun sirih yang masih hangat bisa anda basuh kebagian tubuh anda yang terdapat bisulnya, lakukan cara ini dengan rutin agar bisul anda segera membaik dan sembuh.

3.     Lidah Buaya
Caranya anda ambil 1 potong lidah buaya kemudian kupas dan ambil daging lidah buaya, haluskan daging lidah buaya tersebut kemudian oleskan pada bisul anda secara merata.

4.     Daun Belimbing Manis
Sediakan daun belimbing manis dan cucilah daun belimbing manis sampai bersih kemudian haluskan daun tersebut dan campurkan dengan air cucian beras aduk hingga menjadi bubur. Anda bisa menggunaka obat tersebut untuk bisul dengan cara membalurkannya ke area bisul kemudian balut dengn menggunakan kain.

5.     Daun Bayam
Siapkan daun bayam duri dan madu murni cuci bersih daun bayam tersebut, lalu giling hingga halus dan balurkan pada bisul anda, berikan sedikit madu murni disekeliling bisul. Balut bisul dengan ramuan yang tadi dengan menggunakan kasa, lakukan cara ini secara rutin agar bisul anda cepat sembuh jangan lupa untuk mengganti kasa 2 kali sehari.

6.     Garam, Nasi Basi dan Bandotan
Pertama-tama anda siapkan nasi basi, garam dan tanaman herbal bandotan. cuci bersih tanaman bandotan lalu tumbuh bersama nasi basi dan garam hingga halus, kemudian balurkan pada bisul anda agar bisul segera membaik dan sembuh.

7.     Daun Cabe
Tumbuk 1 genggam daun cabe yang sudah dicuci bersih. Daun cabe yang sudah dihaluskan tadi kemudian dicampurkan dengan menggunakan 1 sendok teh minyak kelapa, serta diaduk hingga merata. Setelah itu oleskanlah ke bagian bisul terkecuali di mata bisulnya, dan kemudian gunakanlah secara teratur sampai bisul pecah sendiri.

8.     Bawang Putih
Haluskan beberapa buah bawang putih, setelah itu ditempelkan ke bagian bisul terkecuali pada mata bisul. Dan melakukan pengobatan bisul meradang menggunakan bawang putih bisa memberikan efek panas sebagai suatu tanda reaksi dari pengobatan. Hal ini dikarenakan peredaran darah akan menjadi lancar, dan bisul lebih mudah kering serta pecah.

9.     Daun Angsana
Anda cukup dengan membersihkan daerah tubuh yang terkena bisul menggunakan air hangat atau juga menggunakan alkohol 70%. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah remaslah daun angsana secukupnya saja, dan setelah itu ditempel ke bagian tubuh yang terserang bisul.

Kemudian tunggu selama beberapa saat sampai ramuan ini mengering dan Anda dapat mengganti ramuan angsana obat bisul dari tumbuhan setiap 3 jam sekali. Lakukanlah pengobatan dengan cara ini secara teratur, maka bisul akan sembuh sendirinya.

10.                        Sayur Pare
Anda dapat membuatnya menjadi secangkir jus segar yang berasal dari pare. Dan kemudiandicampurkan dengan 1 sdt jeruk nipis, minumlah setiap hari dengan teratur dan lakukanlah dengan teratur sampai bisul sembuh.

C.   Pencegahan Penyakit Bisul
1.     Mandi dengan teratur 2 kali dalam sehari.
2.     Rajin mengganti pakaian, jangan menggunakan pakaian yang tidak mudah menyerap keringat.
3.     Jika habis melakukan aktivitas yang membuat badan berkeringat sebaiknya langsung mengeringkan badan dan mengganti pakaian.
4.     Jagalah kebersihan lingkungan.


Sumber :
http://bisul.org/penyebab-bisul/
http://ragamobat.com/obat-bisul/
http://penyebabbisul.com/penyebab-penyakit-bisul/
http://cara-wanita.com/2014/02/penyebab-bisul-gejala-dan-cara-mencegah.html

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment