Cara Agar Mandi Biasa Menjadi Luar Biasa

  Mandi yang Sehat


Setiap orang perlu mandi, karena setelah beraktivitas seharian keringat dan debu yang menempel dikulit membuat tidak nyaman. Orang yang jarang mandi beresiko terkena masalah kesehatan kulit, kulit terasa gatal-gatal, dan membuat terlihat kusam dan tidak segar, sehingga benar-benar merusak penampilan. 

Mandi juga cara  terbaik untuk relaksasi diri dari segala kepenatan kegiatan yang dilakukan dalam seharian, dan juga merefesh pikiran.
Mandi merupakan rutinitas harian setiap orang. Namun banyak yang mengalami setelah mandi malah tidak membuat badannya segar. Mandi juga perlu teknik-teknik tertentu agar badan segar setelah mandi.   





Oleh karena itu semoga artikel ini membantu pembaca untuk mendapatkan kesegaran yang didambakan setelah mandi.

Sebaiknya menyikat gigi terlebih dahulu sebelum memulai menyiram tubuh.  Basahi rambut dengan air, dengan posisi tubuh sedikit membungkuk agar air tidak mengenai badan, lalu pijat-pijat lembut rambut dan kulit kepala dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala. 

Pijat  hingga berbusa, usahakan busa shampo tidak mengenai wajah. Lalu bilas rambut hingga bersih dari shampo.

Selanjutnya, mulai membasuh wajah dengan air. Gosok lembut bagian-bagian wajah gunakanlah facial foam dengan merek yang sudah biasa digunakan dan cocok dengan kondisi kulit wajah. 

Pijat-pijat lembut wajah tanpa membilasnya dapat mulai mandi dengan menyiram air ke tubuh . Ada yang berpendapat mandi menggunakan gayung membuat tubuh lebih segar dan bugar dibandingkan mandi menggunakan shower atau dengan berendam di bathub.

Bersihkan seluruh badan dengan menggunakan body soap (sabun badan). Gunakan sabun yang mengandung scrub. Karena scrub baik untuk mengangkat lapisan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.  Pilih sabun yang mampu membersihkan, melembabkan serta memproteksi kulit dari kuman. 

Ketika mandi dengan menggunakan sabun, usahakan tidak menggunakan sabun yang  membuat kulit menjadi kering dan kasar, gunakan sabun yang memiliki daya pembersih yang lembut, serta memiliki tingkat pH yang seimbang, agar kulit terhindar dari iritasi.

Ketika mandi jangan menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering.  Mandi air panas atau hangat memberikan rasa tenang serta membuat tubuh menjadi lebih rileks.   

Untuk rutinitas sebaiknya mandi dengan air dingin karena mandi air dingin meningkatkan imunitas tubuh.

Bagi yang hobi spa, bisa mandi sekaligus spa di rumah sendiri, caranya dengan menambahkan minyak aromaterapi (minyak esensial), gel, dan sabun yang mengandung wewangian tertentu ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi. 

Setelah selesai membersihkan tubuh, akhiri mandi dengan membilas dan seluruh tubuh dengan air hingga tubuh benar-benar bersih dari busa sabun. 

Tujuan membasuh dan membilas untuk meningkatkan zat pelembab pada pembersih agar bertahan lebih lama pada kulit. 


Dari Berbagai Sumber

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment